Cari Blog Ini

Minggu, 12 Januari 2014

Seputar KBIH



Deskripsi Masalah:

Saat ini, di berbagai kota banyak berdiri kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) yang program kerjanya adalah membimbing calon jama’ah haji dan calon jama’ah umroh mulai dari tanah air sampai ke tanah suci. Dengan berbagai cara, pengurus (KBIH) tersebut menggaet calon jama’ah agar bergabung dalam kelompoknya. Misalnya dengan cara memasang tarif harga/biaya yang murah, pelayanan yang memuaskan serta ceramah-ceramah yang berisi kalimat-kalimat yang memikat hati calon jama’ah. Kalimat-kalimat itu antara lain:
-          Dari pada sampeyan menunggu kesempatan beribadah haji bertahun-tahun lamanya, lebih baik sampeyan beribadah umroh di bulan romadlon. Karena dalam waktu yang tidak lama, sampeyan sudah bisa sampai ke tanah suci dengan biaya yang relatif murah di bawah biaya perjalanan ibadah haji dan lagi keutamaan umroh di bulan romadlon itu sebanding dengan menunaikan ibadah haji satu kali. Mereka mengambil dalil dari dhohirnya hadits Nabi:
عُمْرَةٌ فى رمضانَ كحجةٍ مَعِيْ
(الجامع الصغير للسيوطي، ص: 207)
-          Kalau sampeyan sudah pernah umroh, nanti pada saat panggilan haji tiba, sampeyan sudah enak, tinggal berkonsentrasi untuk ibadah haji saja, tidak perlu menunaikan umroh lagi.


 

Pertanyaan:

a.       Bagaimanakah hukum (dalam arti: boleh atau tidak?) menunaikan umroh bagi seorang yang belum pernah beribadah haji? Jika boleh, umroh yang dia lakukan itu termasuk umroh wajib atau tidak?
b.      Apakah benar umroh romadlon bagi orang yang belum pernah beribadah haji bisa menggugurkan kewajiban hajinya? seperti anggapan sebagian orang yang minim pemahamannya tentang agama.
c.       Bagi seseorang yang sudah pernah umroh namun belum haji, jika pada suatu saat nanti mendapat panggilan, apakah dia cukup hanya beribadah haji tanpa melakukan umroh?

Soal nomor 1 dan 2 dari MWC NU Kalitidu
Jawaban:

a.       Boleh dan termasuk umroh wajib.

Ibarat:
المجموع شرح المهذب - (ج 7 / ص 7)
(وأما) أحكام المسألة فالحج فرض عين على كل مستطع باجماع المسلمين وتظاهرت على ذلك دلالة الكتاب والسنة واجماع الامة (وأما) العمرة فهل هي فرض من فروض الاسلام فيه قولان مشهوران ذكرهما المصنف بدليلهما (الصحيح) باتفاق الاصحاب أنها فرض وهو المنصوص في الجديد (والقديم) أنها سنة مستحبة ليست بفرض قال القاضي أبو الطيب في تعليقه ونص عليه الشافعي في كتاب أحكام القرآن يعني من الحديث قال أصحابنا (فان قلنا) هي فرض فهي في شرط صحتها وصحة مباشرتها ووجوبها وإحرامها عن عمرة الاسلام كالحج كما سنوضحه ان شاء الله تعالى.

حاشية البجيرمي على الخطيب - (ج 7 / ص 76)
قوله: (والعمرة) سميت عمرة لأنها تفعل في العمر كله مرة م ر. قوله: (فرض) أي استقلالا. قوله: (في الأظهر) ومقابله أنها تدخل في الحج كالوضوء فإنه يدخل في الغسل. ورد بأنهما أصلان فلا يغني الحج عنها وإن اشتمل عليها ، وإنما أغنى الغسل عن الوضوء لأن الوضوء بدل عن الغسل لأن الغسل كان واجبا لكل صلاة ؛ قرره شيخنا العشماوي.

حاشية الجمل - (ج 8 / ص 433)
(فرع) من وجب عليه حجة الإسلام لا يصح منه غيرها قبلها فلو اجتمع عليه حجة الإسلام وقضاء أو نذر قدمت حجة الإسلام ثم القضاء ثم النذر ولو أحرم بغيرها وقع عنها لا عن ما نوى ومن عليه قضاء أو نذر لا يحج عن غيره فلو أحرم عن غيره وقع عن نفسه عما عليه انتهت ولمن حج حجة الإسلام ولم يعتمر أن يقدم حجة التطوع على العمرة ولمن اعتمر عمرة الإسلام ولم يحج أن يقدم عمرة التطوع على الحج ا هـ.شرح الروض.

إعانة الطالبين - (ج 2 / ص 282)
(قوله للحج) متعلق بمستطيع واقتصر عليه لأن الاستطاعة له تغني عنه وعن العمرة بخلاف الاستطاعة للعمرة في غير وقت الحج وذلك لتمكنه من القران في الأولى لا الثانية.

b.      Tidak benar.

Ibarat:
المجموع شرح المهذب - (ج 7 / ص 147)
وروت أم معقل الصحابية رضي الله عنها عن النبي صلى الله عليه وسلم قال (عمرة في رمضان تعدل حجة) رواه أبو داود والترمذي والنسائي وغيرهم قال الترمذي حديث حسن قال وفى الباب بغير عمرة في رمضان عن ابن عباس وجابر وأنس بن مالك وأبى هريرة ووهب بن حبيس قال ويقال هرم ابن حينس رضى الله عنهم قال الترمذي قال اسحاق يعني ابن راهويه معني هذا الحديث مثل قراءة قل هو الله أحد تعدل ثلث القرآن.

حاشية البجيرمي على الخطيب - (ج 7 / ص 76)
قوله: (والعمرة) سميت عمرة لأنها تفعل في العمر كله مرة م ر. قوله: (فرض) أي استقلالا. قوله: (في الأظهر) ومقابله أنها تدخل في الحج كالوضوء فإنه يدخل في الغسل. ورد بأنهما أصلان فلا يغني الحج عنها وإن اشتمل عليها ، وإنما أغنى الغسل عن الوضوء لأن الوضوء بدل عن الغسل لأن الغسل كان واجبا لكل صلاة ؛ قرره شيخنا العشماوي.

c.       Cukup berhaji saja

Ibarat:
Sama dengan A.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar