Cari Blog Ini

Sabtu, 17 Desember 2011

HASIL BAHTSUL MASA-IL


Pengantar .....…………..
Rubrik ini di buka untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para pembaca mengenai berbagai hal yang ingin mendapat jawaban di pandang dari sudut fiqh. Bagi pembaca yang mempunyai permasalahan-permasalahan agama (masalah diniyah) dapat mengirim pertanyaan dengan melengkapi identitasnya. Semua pertanyaan insya Alloh akan di bahas dalam forum M3S (Majma’ Mubahatsah Masa’il Syar’iyyah) PP. MUS dibawah bimbingan KH. M. Said Abdurrohim, Pengasuh Pondok Pesantren Ma’had Al-ulum Al-syar’iyyah. 

I. AKSI BOIKOT PRODUK AS-INGGRIS


Diskripsi masalah:
Aksi boikot terhadap produk AS di Surabaya mulai terjadi, yang diprakarsai oleh Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) jawa timur, Sebuah organisasi yang bergerak di bidang kesejahteraan hidup. Awal mula aksi tersebut adalah sebagai bentuk protes atau sikap keras atas invasi AS terhadap Iraq. Walhi juga melakukan pemboikotan dengan cara memutuskan hubungan kerjasama dengan negara AS, Inggris, Australia. Sebab ketiga negara tersebut menyerang Iraq tanpa mendapat legalitas dari PBB.
Pertanyaan:
a.      Bagaimana pandangan fiqh terhadap tindakan pemboikotan produk tertentu seperti diatas ?
b.      Apakah seruan boikot dari pemerintah wajib di ikuti?
c.       Sebatas mana hubungan kerjasama (diplomatik, ekonomi) dengan negara-negara kafir yang di perbolehkan Syari’at ?
(as’ilah oleh sdr Masyhud aktifis m3s asal demak)


Jawaban a:
Tindakan pemboikotan produk tertentu sebagai bentuk protes dan menentang keras atas invasi ke Iraq; boleh (tidak wajib), karena hukum asal muamalah dengan kafir harbi (Amerika) adalah boleh, kecuali bentuk muamalah yang terdapat unsur penyerahan kekuasaan sebagaimana akad warabala dari amerika seperti McDonald, kfc dll. Apabila bentuk akadnya seperti diatas, maka sebagian ulama’ tidak membolehkan, sehingga hasil produknya harus diboikot.
Hukum boleh diatas dengan catatan tidak ada prasangka kuat bahwa sebagian hasil produk tersebut digunakan kemaksiyatan atau disumbangkan pada orang kafir untuk memerangi Islam.
Jika ada prasangka kuat seperti di atas (menurut sebagian sumber terpercaya, termasuk katagori ini adalah produk Mcdonald dan Coca cola), maka pemboikotan tersebut hukumnya wajib. Karena dengan membeli produk tersebut, berarti membantu kemaksiatan (i’anah ala al ma’shiyyat). 
Sebagian ulama sekarang (mu’aashir) berpendapat; bahwa dalam kondisi tertentu, seperti ketidakberdayaan umat Islam untuk melawan langsung Amerika; diharuskan ada upaya perlawanan semaksimal mungkin, termasuk pemboikotan produk Amerika. Hal ini sesuai dengan kaidah:  الميسور لا يسقط بالمعسور (suatu hal yang mungkin dilakukan tidak boleh ditinggalkan karena adanya kesulitan).
Ibarat a:
وفى اختلاف الدارين للدكتور إسماعيل لطفىفطانى، ص 441، مانصه:
قوله تعالى: (ويطعمون الطعام على حبه مسكينا ويتيما وأسيرا). قال قتادة: لقد أمر الله بالأسرى أن يحسن إليهم وإن أسرارهم يومئذ لأهل الشرك. وقد استدل الإمام الشافعي وغيره بهذه الآية على جواز إطعام الحربيين الطعام. فالبيع أولى بالجواز. والله أعلم.
وفىبغية المسترشدين، ص 126، ما نصه:
(مسئلة ى) كل معاملة كبيع وهبة ونذر وصدقة لشيء يستعمل فى مباح وغيره فان علم أو ظن أن آخذه يستعمله فى مباح كأخذ الحرير لمن يحل له والعنب للأكل والعبد للخدمة والسلاح للجهاد والذب عن النفس والأفيون والحشيشة للدواء والرفق حلت هذه المعاملة بلا كراهة وإن ظن أنه يستعمله فى حرام كالحرير للبالغ ونحو العنب للسكر والرقيق للفاحشة والسلاح لقطع الطريق والظلم والأفيون والحشيشة وجوزة الطيب لاستعمال المخدر حرمت هذه المعاملة وإن شك ولا قرينة كرهت وتصح المعاملة فى الثلاث لكن المأخوذ فى مسئلة الحرمة شبهته قوية وفى مسئلة الكراهة أخف.
وفى إسعاد الرفيق تأليف الشيخ محمد سالم بن سعيد با بصيل جزء 2 صحيفة 127 ما نصه:
(و) منها (الإعانة على المعصية) أى على معصية من معاصى الله بقول أو فعل أو غيره ثم إن كانت المعصية كبيرة كانت الإعانة عليها كذلك كما فى الزواجر .
وفى النهي عن الإستعانة والإستنصار فى أمور المسلمين بأهل الذمة والكفار للشيخ مصطفى بن محمد الواردانى، صحيفة 108-109 ما نصه:
وقال الشيخ أبو منصور الماتريدى فى تأويلاته وقوله تعالى: ياأيها الذين امنوا لا تتخذوا اليهود والنصرى أولياء. يحتمل وجوها –إلى أن قال‑ ويحتمل أن يتخذوهم أولياء فى الكسب وفى أمور الدنيا فإنهم إذا فعلوا ذلك لابد أن يميلوا إليهم ويصدر عن آرائهم فى شيء وذلك مما يفسقهم ويجرح شهادتهم وذلك فىالشركة والمضاربة معهم ونحو ذلك مما فيه مخالطة فى الأموال فيكون النهى عن الموالاة معهم نهيا عن ذلك كله.
Jawaban b:
Seruan pemboikotan dari pemerintah dalam permasalahan produk yang wajib di boikot  wajib diikuti dan dalam masalah pemboikotan yang tidak wajib bila ada seruan pemboikotan dari kepala negara juga wajib diikuti  bila ada mashlahah.
 Ibarat b:
وفى بغية المسترشدين، صحيفة 91، ما نصه:
والحاصل أنه تجب طاعة الإمام فيما أمر به ظاهرا وباطنا مما ليس بحرام أو مكروه فالواجب يتأكد والمندوب يجب وكذا المباح إن كان فيه مصلحة.
Jawaban c:
Sebatas hubungan luarnya saja (lahiriyyah), urusan-urusan keduniaan, tidak menimbulkan kecondongan hati (mail al qolbi), dan tidak berdampak timbulnya persepsi umum bahwa hubungan kerja sama tersebut boleh secara mutlak.
Disamping itu, tidak diperbolehkan juga mengadakan hubungan yang menyebabkan negara-negara kafir tersebut dapat menguasai kita (umat Islam), dan menjadikan terhinanya Islam. Seperti (dalam masalah diplomatik) ikut serta dalam perundingan atau penandatanganan ketetapan yang merugikan Islam dan atau tidak sesuai dengan ketentuan hukum Islam. Contoh: menyetujui perjanjian perdamaian dengan negara kafir dalam jangka waktu yang tidak terbatas (selama-lamanya), yang dapat menghilangkan kewajiban jihad yang menjadi pondasi Islam. Sedangkan (dalam masalah ekonomi), seperti pemberian kebebasan yang berlebihan kepada negara kafir untuk ekspor-impor barang, ikut serta dalam organisasi ekonomi dunia hanya karena ingin mendapat kucuran bantuan dana, investasi yang berlebihan yang tidak mengandung mashlahat bagi umat Islam dan lain-lain.
Ibarat c:
وفى تفسير المنير للشيخ نووى جزء 1 صحيفة 94 ما نصه:
(لايتخذ المؤمنون الكافرين أولياء من دون المؤمنين) –إلى أن قال- واعلم أن كون المؤمن مواليا للكافر يحتمل ثلاثة أوجه أحدها أن يكون راضيا فى كفره ويتولاه لأجله وهذا ممنوع لأن الرضا بالكفر كفر وثانيها المعاشرة الجميلة فى الدنيا بحسب الظاهر وذلك غير ممنوع وثالثها الركون إلى الكفار والمعونة والنصرة إما بسبب القرابة أو بسبب المحبة مع اعتقاد ان دينه باطل بهذا لا يجيب الكفر إلا أنه منهي عنه لأن الموالاة بهذا المعنى قد تجره إلى استحسان طريقه والرضا بدينه وذلك يخرجه عن الإسلام اهـ.
وفى بجيرمى على الخطيب للشيخ سليمان البجيرمى جزء 4 صحيفة 245 ما نصه:
(قوله ميل القلب) ظاهره أن الميل إليه بالقلب حرام وإن كان سببه مايصل إليه من الإحسان أو دفع مضرة وينبغى تقييد ذلك إما إذا طلب حصول الميل بالإسترسال فى أسباب المحبة إلى حصولها بقلبه وإلا فالأمور الضرورية لا تدخل تحت حد التكلف وبتقدير حصولها ينبغى السعي فى دفعها ما أمكن فإن لم يكن دفعها لم يؤاخذ بها ع ش على م ر . اهـ
وفى الاستعانة بغير المسلمين للدكتور عبد الله بن إبراهيم بن على الطريقى، ص 434-436، ما نصه:
ومن صور التساهل مع الكفارفى مجال السياسة:
-        الانفتاح السياسي الواسع بين دول العالم الإسلامي وبين دول الكفر بحيث أصبحت العلاقة السلمية هي الأصل ، وعطل الجهاد ، وأصبحت الحروب في الغالب بين الدول المسلمة بسبب الفرقة والنزاع والإيقاد من الأعداء ، أما دول الكفر فقد علت وتسلطت وتحكمت في البلاد الإسلامية ، إما بطريق مباشر كالحال في لبنان مثلا ، وإما بغير مباشر وهو الأكثر .
ومن هنا أصبح المسلمون ضعفاء يتوددون غيرهم ويحرصون على إيجاد علاقة متينة معهم حتى وإن كان في ذلك مضارة لإخوانهم المسلمين أو لمصالح البلاد العامة .
-        ومن صور التساهل إقدام أكثر الدول في العالم الإسلامي على عقد معاهدات سياسية دولية خطيرة مع الالتزام بكل القرارات والشروط مهما كانت مجحفة .
ولنضرب لذلك مثالا ، وهو ما حصل من بعض سلاطين بني عثمان من توقيع معاهدات صلح أبدية مع بعض جيرانهم من دول الكفر . كالمعاهدة الأبدية التي وقعها السلطان عبد الحميد الأول مع روسيا في عام 774 م واشترط على الدولة العثمانية أن تدفع غرامات مالية ضخمة لروسيا . ‑إلى أن قال‑
-        ومن صور التساهل مساواة معظم دول العالم الإسلامي بين المواطنين مسلمهم وكافرهم مساواة عامة مطلقة في الحقوق والواجبات ، بحيث لا يميز بين المسلم والكافر ، ونصت على ذلك دساتيرهم . –إلى أن قال‑ (فى مجال المال والإقتصاد)
-        كما تساهل كثير من تجار المسلمين وأثريائهم مع الكفار فصاروا يتعاملون معهم كما يتعاملون مع المسلمين بل أكثر تساهلا ، ونقلوا أموالهم إلى بلاد الكفر لتسويقها واستثمارها هناك طمعا في الأرباح والفوائد الطائلة بأي طريق جاءت ، هذا مع شديد حاجة كثير من البلاد الإسلامية إلى استثمار هذه الأموال فيها .
-        ومن هذا الباب أيضا تساهل بعض الدول المسلمة الغنية المتمثل في توظيف فائض الأموال واستثماره بل وادخاره في البنوك الغربية (اليهودية)، دون أن يكون في ذلك جدوى أو مصلحة للشعوب المسلمة .
-        ومن مظاهر التساهل انضمام بعض دول العالم الإسلامي إلى المنظمات الاقتصادية الدولية ، مثل : البنك الدولي ، وصندوق النقد الدولي ومنظمة الأغذية والزراعة (فاو) ومنظمة العمل الدولية وما إليها ولم يكن لهذه الدول أي أثر إيجابي إلا المساندة بالمال ، أما ما يتم من إجراءات عملية تنفيذية فإنه يجري وفق النظم التي وضعها أهلها .
Catatan:

Ulama India Dan Timur Tengah : Boikot Produk As-Inggris

Sentimen anti AS-Inggris terus meluas ke seluruh dunia. Kali ini semangat anti AS-Inggris itu merebak di India. Para Ulama Islam Darul Ulum Deoband, perguruan tinggi Islam terkemuka di India mengeluarkan fatwa, ahad (30/3), berisikan desakan pada masyarakat India untuk memboikot produk-produk AS dan Inggris. Fatwa itu sebagai bentuk protes umat Islam India terhadap agresi AS-Inggris ke Irak.
Fatwa itu dikeluarkan oleh Darul Ifta’ (kantor Fatwa) perguruan tinggi tersebut. Deoband adalah perguruan tinggi milik kalangan muslim Sunni terbesar dan tertua di negara benua India tersebut. Fatwa itu berisi sejumlah tanda tangan dari para petinggi agama Deoband, termasuk rektornya, maulana Marghooburrahman.
Fatwa itu berbunyi: “adalah wajib dalam kondisi seperti ini bagi setiap muslim untuk memboikot apa saja yang kita mampu, seluruh produk yang dikeluarkan negara rezim tiran dan teroris AS dan Inggris. Setiap muslim harus menghentikan secara total penjualan dan pembelian terhadap produk-produk kedua negara tersebut. Menjual maupun membeli produk-produk mereka sama artinya, kita membantu kaum agresor AS dan Inggris. Dan perbuatan itu adalah haram dan ilegal”.
Fatwa itu juga menyerukan seluruh warga negara India yang cinta perdamaian dan keadilan untuk memboikot produk-produk AS dan Inggris.
Sehari sebelumnya Darul Ulum Deoband telah mengeluarkan suatu seruan resmi kepada kaum muslimin India tentang larangan membeli produk-produk kedua negara agresor itu. Fatwa Deoband itu muncul sebagai jawaban atas pertanyaan yang berasal dari seorang warga muslim India. Ia menanyakan, apakah ia diizinkan untuk memboikot produk-produk AS dan Inggris saat ini lantaran kita tidak mampu membantu saudara-sadara kita kaum muslimin di Irak.
Deoband juga telah mengeluarkan fatwa serupa menyusul gempuran AS atas Afganistan pada 2001. Agresi AS ke Afgan dengan dalih untuk memerangi terorisme setelah negara itu diguncang serangan bom 11 september.
Pada waktu bersamaan, gelombang aksi protes atas agresi AS ke Irak muncul di distrik Guntur, negara bagian India wilayah selatan, Andhra Pradesh Ahad (30/03). Aksi yang dikoordinasi oleh People’s War Group (PWG) itu menyerang sebuah gudang minuman ringan buatan AS. Pepsi Cola. Dua insiden serupa juga menimpa pabrik-pabrik minuman ringan AS yang terjadi sebelumnya di banyak provinsi negara itu sejak AS mulai menggempur Irak.
Dengan mengecam bahwa bahwa serangan  AS ke Irak sebagi agresi biadab, PWG menyerukan pada rakyat India untuk memboikot produk-produk AS dan Inggris. PWG juga meninggalkan satu catatan pada lokasi aksi mereka. Berbunyi: “invasi ke Irak adalah bentuk imperialisme yang dirancang untuk menguasai ladang-ladang minyak Irak. Selain para agresor itu juga berupaya untuk membentuk peta baru Asia Barat sesuai dengan kerangka anglo-Amerika demi melindungi kepentingan negara Zionis Israel”.
Para ulama timur tengah yang mengeluarkan fatwa keharusan memboikot produk amerika tersebut adalah:
1.      Prof DR. Yusuf Qardhawi, ulama dan cendekiawan muslim kondang di seluruh dunia. Kini tinggal di Doha, Qatar.
2.      Syeikh Salman bin Fahd al-Audah, ulama kharismatik dari Saudi Arabia.
3.      Syeikh Muhammad Saed Ramadhan al-Buthi, ulama kharismatik tinggal di Suriah.
4.      Syeikh Abdullah al-Jibrin, ulama Arab Saudi dan anggota Persatuan Ulama Besar Arab Saudi.
5.      DR. Hammam Saed dan DR. Muhammad Abu Faris, intelektual Muslim tinggal di Amman, Yordania
6.      DR. Naser Farid Wasil, Mufti Mesir
7.      Fatwa Majelis Ulama Sudan
8.      Fatwa Majelis Ulama Palestina

DAFTAR PRODUK AS YANG DIBOIKOT
Restoran:
1.      KFC          
2.      Arbys        
3.      McDonalds           
4.      Mc Burger 
5.      Pizza Hut  
6.      Chilies      
7.      Hardees    
8.      Paridies     
9.      Pizza Little Sitzer  
10.  Jack in the box     
11.  A & W      
12.  Kantez      
13.  Baskin Robbins    
14.  Wimpy      
15.  Dominos Pizza      
16.  Texas        
17.  Stezer        
Produsen Makanan & Minuman AS
1.      Minuman:
-   Pepsi dan anak perusahaannya: Mirinda dan 7up
-   Coca-cola dan anak perusahaannya (anda kalau membaca tulisan coca-cola dari belakang botol, akan tertulis: no Muhammad, no Mecca): Sprite dan Fanta
2.      Produk Hanes and Crystal: Mayonnaise, Kecap
3.      California Garden and Warner & Lambert
T-Shirt, Sepatu: semua baju dan sepatu merk Nike (pernah tertulis kata “Alloh” dalam sebuah produknya), Adidas, Kate dan Calvin Klein
Peralatan Listrik: Power, Union Air, Clifinitour, Admiral, Harmony, Alaska, Duncan, Motorola, Alcatel.
Baterei: Everydy, Energizer dan Doorsill
Mobil: Ford, Chrysler, Hammer, Chevrolet, Puck dan semua produk General Electric
Perusahaan-perusahaan AS yang mendanai Zionisme Internasional:
·      A & M FOODS
·      A & W BRANDS
·      A. CAMACHO, INC.
·      A. ZEREGA’S SONS
·      A. PANZA & SONS
·      A.E. STALEY MANUFACTURING COMPANY
·      A.J. ALTMAN
·      A.L. BAZZINI CO
·      A ARHUS, INC
·      ABBA AB BEIJER COMPANY
·      ABCO LABORATORIES
·      ABEL & SCHAFER
·      ABELES & HEYMANN
·      ABRAHAM’S NATURAL FOOD
·      ACCRU PAC GROUP
·      ACE BAKING CO.
·      ACIME SMOKED FISH CORP
·      ADAMS VEG. OILS
·      ADAM MILLING
·      ADRIENNE’S GOURMET FOODS
·      ADVANCED SPICE & TRADING
·      AG PROCESSING
·      AIR PRODUCTS & CHEMICALS, INC
·      AJINOMOTO, USA
·      AK PHARMA, INC
·      AKZO & PACIFIC OLEOCHEMICALS
·      ALBERTO-CULVER COMPANY
·      ALBRIGHT & WILSON CO
·      ALCAN FOIL PRODUCTS
·      ALEX FRIES & BROS
·      ALGOOD FOOD COMPANY
·      ALL STAR FOODS
·      ALLE PROCESSING
·      LLEN FOOD PRODUCTS
·      ALLFRESH FOOD PRODUCTS
·      ALLIED CUSTOM GYPSUM COMPANY
·      ALLIED FOOD DISTRIBUTORS
·      ALLTECH
·      ALEO FARMS
·      ALTA DENA
·      ALUMAX FOILS
Bahan-bahan Kimia dan pembersih:
1.      PT. Procter and Gamble (memproduksi: Oloiez, Pampers, Ferry, Downy, Ariel, Tide Head and Shoulder, Pantene, Camay, Zeset, Mack Factor, Carmen)
2.      PT. Johnson & Johnson (memproduksi: Shower to Shower, Cream Johnson ...)
3.      Nectar
4.      Avon
5.      Revlon
6.      Gardena
7.      Pasta gigi Corset
Alat tulis: bulpen Merk shiver, Parker dan Hear
Bank Amerika: Bank America International, American Expres, Bank of America, Bank of New York
Lain-lain: Rokok AS seperti: Mrlboro, Kant, Janstown, Lark Merit, Gold Cost, Carlton, LM, More.
Sumber: al-Markaz Filistini lil I’lam (PIC)

II. PENGGUNAAN SENJATA PEMUSNAH MASAL
Diskripsi Masalah:
Kemajuan tecnologi telah mendorong manusia untuk menciptakan peralatan-peralatan modern sebagai upaya untuk meningkatkan mutu kehidupannya. Namun disisi lain muncul dampak negatif dari kecanggihan tecnologi tersebut. Karena disamping menciptakan peralatan-peralatan yang bermanfaat juga terdapat peralatan-peralatan yang punya kekuatan untuk menghancurkan. Dalam beberapa tragedi perang, sering kita dengar beberapa peralatan yang sering di sebut dan di golongkan sebagai senjata pemusnah masal, sebagaimana: bom atom (senjata yang dapat membunuh tanpa merusak, sejenis bom nuklir yang hanya menggunakan kekuatan pancaran untuk membunuh, tanpa membutuhkan kekuatan jilatan api dan daya getar), senjata kimia (zat beracun yang digunakan untuk menyerang daya hidup manusia), senjata biologi (penggunaan organisme atau makhluk hidup beracun untuk menyebarkan penyakit mematikan atau untuk merusak tumbuh-tumbuhan dan binatang, organisme ini beraneka ragam, bisa berupa serangga dan lainnya) .
Pertanyaan:
Bagaimanakah pandangan fikih terhadap penyimpanan dan penggunaan senjata nuklir dan pemusnah masal ?
(pertanyaan dikirim oleh Miftahul Huda MH. PP. Al Munawwariyyah sudi moro bulu lawang malang)

Jawaban:
Penyimpanan dan Penggunaan senjatan nuklir dan pemusnah masal tidak diperbolehkan, kecuali orang kafir (musuh) menggunakannya, atau tidak dapat ditaklukkan kecuali dengan senjata tersebut. Dan telah ada pertimbangan kemaslahatan yang jelas dari kepala negara. Serta dalam penggunaannya harus menghindari semaksimal mungkin terbunuhnya anak-anak dan wanita.
Namun dalam kondisi tertentu anak-anak dan wanita tidak harus dihindari, seperti pada tarap pengepungan (belum terjadi kontak senjata).
Ibarat:
وفى مغنى المحتاج للشيخ محمد الخطيب الشربينى، ج 4 ص 223، ما نصه:
 ويجوز حصار الكفار فى البلاد والقلاع وارسال الماء عليهم ورميهم بنار ومنجنيق وتبييتهم فى غفلة –إلى أن قال-وما فى معنى ذلك من هدم بيوتهم وقطع الماء عنهم والقاء حيات او عقارب عليهم ولوكان فيهم نساء وصبيان لقوله تعالى (وخذوهم واحصروهم) وفى الصحيحين انه صلى الله عليه وسلم حاصر الطائف وروى البيهقي أنه نصب عليهم المنجنيق. وقيس به فى معناه مما يعم الإهلاك به...! ثم يقول: وظاهر كلامهم انه يجوز اتلافهم بما ذكر, وان قدرنا عليهم بدونه !".
وفى الجهاد والقتال للدكتور محمد خير هيكل جزء 2 صحيفة 1359 ما نصه:
أسلحة الفتك بالإنسان والحيوان والنبات دون تدمير المبانى والمنشآت كالقنابل النيوترونية والأسلحة الكيميائية والجرثومية وما إلى ذلك . ما الحكم فى استخدامها فى الحرب ؟
لايختلف الحديث فى هذا المطلب عنه فى المطلب السابق ، فالنصوص الشرعية جاءت مطلقة فى مشروعية قتل العدو وقتاله فى الحرب دون تعيين الوسيلة أو السلاح اللذين يتم بهما هذا القتل أو القتال ... كما تقدم بيان ذلك . وعليه فإن السلاح الذى يقضى على مظاهر الحياة الإنسانية والحيوانية والنباتية – دون المظاهر المدنية من مصانع ومبان ومنشآت ... هذا السلاح يدخل فى إطار المشروعية بحكم تلك النصوص الشرعية المطلقة . ثم إنه ما دام استخدام الأسلحة التى تفتك بالحياة وتدمر المنشآت أمرا جائزا بشروطه كما سبق بيانه فمن باب أولى أن يجوز استخدام الأسلحة التى تقضى على جانب واحد مما ذكر وتبقى على الجانب الأخر ... هذا من ناحية .
ومن ناحية أخرى فقد ورد فى نصوص الفقهاء جواز استخدام الحشرات القاتلة بسمومها ضد العدو كالحيات والعقارب وما إليها وتعتبر هذه الوسائل الحربية فى الإصطلاح الحديث من نوع الأسلحة البيولوجية... وهي كفيلة بالقضاء على مظاهر الحياة الإنسانية والحيوانية فى بلد إذا ألقي إليه قدر كاف منها كما أن من الحشرات ما يقضى على الحياة النباتية أيضا.
بالإضافة إلى ذلك أجاز الفقهاء إفساد المياه فى بلاد العدو بإلقاء السموم فيها وأجازوا أيضا إتلاف أشجارهم وزروعهم طبقا لما ورد فى النصوص الشرعية من قطع أشجار العدو وإشعال النار فيها.
وفى الجهاد والقتال للدكتور محمد خير هيكال، ج 2 ص 1348ما نصه:
هذه الأسلحة والوسائل الحربية القديمة أتت على ذكرها المراجع القديمة وفيها تفصيلات فيما يجوز إستخدامه منها وما لا يجوز فى الحرب ضد العدو والظروف التى تسوغ استخدامها . إلا أنه لاخلاف بين الجمهور على جواز استخدامها كلها ضد العدو حتى أشد تلك الوسائل الحربية هولا كإلقاء النيران على المقاتلين من العدو فى حالة الحرب وما شاكل ذلك ... إذا كان من شأن العدو أن يستعمل مثل هذه الأسلحة ضد المسلمين ... أو كان لا يستطاع كسب المعارك ضده إلا باستخدام مثل تلك الأسلحة والوسائل.
وفيه أيضا، ج 2 ص 1362، مانصه:
وأخيرا، كما قلنا في المطلب السابق، ينبغي على صاحب القرار في استخدام هذه الأسلحة الخطيرة أن لايتسرع في اللجوء إليها إلا بناء على مصلحة راجحة تبعا للقاعدة الشرعية: تصرف الإمام منوط بالمصلحة، على نحو ما سبق بيانه.
وفى حجة الله البالغة للشيخ أحمد الدهلوى، ج 2 ص 469، مانصه:
لا قتل إلا للمحاربين : ولا يقتل وليدا، ولاامرأة، ولا شيخا فانيا، إلا عند ضرورة البيات.

III. SEVERE ACUTE RESPIRATORI SYNDROME (SARS)

Diskripsi masalah:
Wabah penyakit pernafasan sangat akut, alias severe acute respiratori syndrome (SARS), adalah penyakit infeksi saluran pernafasan yang di sebabkan oleh virus famili paramyxovirus yang bergejala demam (>38 0C) dengan satu atau lebih gangguan pernafasan, yaitu batuk sesak, sesak nafas, nafas pendek dan kesulitan bernafas, yang telah membuat panik dan ketakutan seluruh masyarakat dunia, karena penyakit mematikan ini pola penularannya begitu mudah. Belum di ketahui penyebab dan belum di temukan obatnya. Sehingga usaha pencegahan penularannya-pun  terus dilakukan, mulai  pemakaian masker, isolasi pasien, penutupan sekolah, hingga kebijakan wajib lapor bagi para pengidap virus tersebut kepada pihak medis.
Pertanyaan
a.        Bagaimanakah sikap fiqh, terhadap pengidap penyakit menular yang sangat akut (SARS)?
b.        Sebagai langkah antisipasi, Bagaimana hukum seorang wanita memakai masker saat melakukan ihrom ?
c.         Bolehkah kita meyakini virus SARS sebagai penyakit yang menular ?
(as’ilah dari sdr Mu’addib aktivis M3S asal Pamotan)

Jawaban a:
Wajib menggunakan seluruh usaha atau sarana (masker, isolasi pasien, penutupan sekolah, kewajiban melapor) untuk menghindari penularan virus SARS, sebagaimana usaha antisipasi virus aids. Adapun bagi selain pengidap virus tersebut tetap diperbolehkan bergaul dengan orang yang terinfeksi.

Ibarat:
وفى الفقه الإسلامى للدكتور وهبة الزحيلى، ج 9 ص 640 ما نصه:
ويوصى المجمع بتوفير الرعاية للمصابين بهذا المرض ويجب على المصاب أو حامل الفيروس أن يتجنب كل وسيلة يعدى بها غيره كما ينبغى توفير التعليم للأطفال الذين يحملون فيروس الإيدز بالطرق المناسبة.
وفى الحصون الحميدية، ص 200، ما نصه:
ومعنى ذلك لامانع للإنسان أن يخالط أصحاب الأمراض اتكالا على الله وثقة به تعالى لأن حصول الضرر بمخالطته غير مقطوع به، وقد ورد (أنه عليه الصلاة والسلام أكل مع مجذوم فى إناء واحد وقال ثقة بالله).
Jawaban b:
Boleh bagi wanita yang sedang ihrom menggunakan masker untuk menghindari virus SARS dengan wajib membayar dam (denda).

Ibarat:
وفى هامش حاشيتان، ج 1 ص 131 ما نصه:
أحدها ستر رأس الرجل بما يعد ساترا ‑إلى أن قال‑ كمداواة أو حر أو برد فيجوز وتجب الفدية ‑إلى أن قال‑ ووجه المرأة كرأسه أي الرجل فى حرمة الستر المذكور فيه إلا لحاجة فيجوز وتجب الفدية.

Jawaban c:
Boleh bila keyakinan tersebut didasarkan pada sabab ‘adiy (sebab yang biasanya muncul) penularan, seperti; karena berdekatan atau bersentuhan dengan orang yang terkena virus dll.
Dan haram bahkan kufur bila meyakini bahwa virus tersebut dapat menular dengan sendirinya (bi al-thab’i).
Ibarat:
وفى الحصون الحميدية، ص 199، ما نصه:
أن اعتقاد أهل الإسلام أنه لاتأثير لشيء بطبعه بل كل أثر فهو بخلق الله تعالى، وإنما قد أوجد الله أسبابا عادية للآثار والله قادر على تخلف تلك الآثار عن أسبابها ‑إلى أن قال‑ أنه لايجوز اعتقاد العدوى بتأثير الأمراض بطبعها وإماتة الإنسان قبل أجله ولكن قد توجد فى بعض الأمراض مثل الجذام والجدرى والسل وأمثال ذلك رائحة كريهة ومادة سامة تنفصل من صاحبها ربما تكون سببا عاديا لحدوث المرض فيمن يخالطه ويقاربه فيمكن حينئذ.
وفى حاشية الدسوقى للشيخ محمد الدسوقى صحيفة 41 ما نصه:
وأسندوا وجود كل أثر منها لما جرت العادة أنه يوجد معه إما بطبعه أو بقوة أودعت فيه فأصبحوا وقد باؤا بهوس ذميم وبدعة شنيعة بأصول الدين وشرك عظيم .

IV. PERLINDUNGAN SATWA LANGKA

Sering terjadi ada orang yang memperjual belikan dan memelihara hewan (satwa) yang tergolong langka dan di lindungi undang-undang yang berlaku. Hewan-hewan ini di perjual belikan di pasar-pasar hewan atau antar perorangan. Pengambilan atau penangkapan ini umumnya di kawasan-kawasan yang di lindungi, penangkapannya-pun di lakukan secara ilegal. Beberapa hewan yang tergolong langka tersebut seperti Rajawali, Elang, Kakatua, Harimau, Badak, Gajah dan lain sebagainya..

Pertanyaan:
Bagaimana hukumnya memperjual belikan dan memelihara satwa atau hewan yang di lindungi oleh undang - undang formal yang berlaku ?
(soal dari H. Abd. Majid, potoanlauk-palengaan-pamekasan 0234-323 429)

Jawaban:
-        Jika undang-undang (pelarangan pemerintah) tersebut sesuai dengan syara’, seperti: hewan-hewan (satwa) yang termasuk fawasiq al-khams dan atau hewan buas yang membahayakan seperti harimau, maka memelihara dan memperjual-belikannya tidak boleh.
-        Adapun jika larangan pemerintah tidak sesuai dengan syara’ (semisal hewan tersebut boleh dipelihara dan diperjual-belikan menurut syara’) maka memperjual-belikannya boleh, kecuali akan menimbulkan dampak mafsadah bagi pihak yang memperjual-belikan dan mempeliharanya, seperti hukuman penjara atau denda uang.

Ibarat:
وفى الفقه الإسلامى جزء 5 صحيفة 518 ما نصه:
وكذلك يحق للدولة التدخل فى الملكيات الخاصة المشروعة لتحقيق العدل والمصلحة العامة سواء فى أصل حق الملكية أو فى منع المباح وتملك المباحات قبل الإسلام وبعده إذا أدى استعماله إلى ضررعام كما يتضح من مساوئ الملكية الإقطائية .
وفىمقالات الكوثري للشيخ محمد زاهد الكوثري صحيفة 107 ما نصه:
ويقول الشيخ عبد الغني النابلسى الحنفي فى شرحه على الطريقة المحمدية عند كلامه في التتن والقهوة: وأمر السلطان ونهيه إنما يعتبران اذا كانا على طبق امرالله تعالى ونهيه لا على مقتضى نفسه وطبعه ..بل لو فرضنا ان امر النبى صلى الله عليه وسلم ونهيه كانا من تلقاء نفسه لا من امرالله ونهيه,-وحاشاه صلى الله عليه وسلم من ذلك – لما وجب علينا امتثال ذلك فكيف يجب علينا امتثال امرالسلطان او نهيه الصادرين من مجرد رأيه وعقله مالم يكن موافقا لحكم الله تعالى الا اذا ظلم السلطان وجار وشدد على الناس وضيق عليهم فى النهي عن هذين المباحين , وخاف الناس على انفسهم من شره خصوصا اذا كان يستحل دماء المسلمين ويوجب تعزيرهم في رأيه بسب ذلك فلا يجوز ان يلقى احد بنفسه الى التهلكة , فيكف المؤمن عن استعمال ذلك بهذا السبب لا معتقدا الحرمة او الكراهة بل حاقنا دمه وعرضه. الى آخر ما فى الحديقة الندية الغني النابلسى "جزء 1 ص 142 ".     
وفى الشرقاوى جزء 2 صحيفة 439 ما نصه:
وقضية كلام الشيخين أن اقتناء فواسق الخمس حرام . كما روى الشيخان " خمس يقتلن فى الحل والحرام: الغراب والحدأة والفأرة والعقرب والكلب العقور ".
وفى توشيح على ابن قاسم للنووى الجاوى صحيفة 133 ما نصه:
(وسبع لاينفع ) كالأسد والذئب ولا نظر لمنفعة الجلد بعد الموت وطير لاينفع كالحدأة والغراب غير المأكول ولا نظر لمنفعة الريش فى النبل ولا لاقتناء المملوك لهيبة الخلق لهم بسبب اقتناءهم لها وللسياسة بإصلاح أمور الرعية بامتثالهم لهم . أما ما ينفع من ذلك كالفهد للصيد والفيل للقتال والهرة الأهلية لدفع الفأر والقرد للحراسة فيصح بيعه وكذلك الطاوس للأنس بلونه والعندليب لصوته.

 

V. SEPUTAR DUNIA TARIK SUARA

DAN LAYAR LEBAR


Diskripsi masalah:
Laju ekonomi menuntun manusia agar selalu berkreasi demi pencapaian kwalitas hidup yang lebih baik. Beragam profesi baru bermunculan sebagai usaha untuk mengais rizki, mulai dari tarik gerobak sampai dengan tarik suara (penyanyi) dan bintang film.

Pertanyaan:
Bagaimana tinjauan fiqh tentang profesi penyanyi dan bintang film ?
(as’ilah dari najih zein aktifis M3S asal lumajang)

Jawaban:
Hukum bergelut dalam dunia tarik suara dan bintang film; Tidak Boleh, kecuali bila bernuansa penyampaian nasehat-nasehat atau gambaran kekaguman pada keindahan alam, Serta terhindar dari unsur:
-       Pujian (rayuan) yang ditujukan kepada seseorang (yang dicintai) yang masih hidup.
-       Fitnah, seperti bercampur antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahrom.
-       Alat-alat musik yang diharamkan.
-       Dapat membangkitkan hasrat melakukan sesuatu yang munkar (diharamkan) atau menyebabkan lupa waktu sampai meninggalkan kewajiban.
Ibarat:
وفى إحياء علوم الدين ج 2 ص 305، ما نصه:
وكل ذلك جائز  مالم يدخل فيه المزامير والأوتار التى هي من شعار الأشرار.
وفى فقه مذاهب الأربعة ،ج 2 ص 24، ما نصه:
فأي عمل من الأعمال يترتب عليه اقتراف منكر فهو حرام مهما كان فى ذاته حسنا فالتغنى حيث كونه ترديد الصوت بالألحان مباح لا شيء فيه ولكن قد يعرض له ما يجعله حراما أو مكروها ومثله اللعب فيمتنع الغناء إذا ترتب عليه فتنة بامرأة لا تحل أو بغلام أمرد كما يمتنع إذا ترتب عليه تهيج لشرب الخمر أو تضييع للوقت وانصراف عن أداء الواجبات . أما إذا كان لم يترتب عليه شيء من ذلك فإنه يكون مباحا فلا يحل التغنى بالألفاظ التى تشمل على وصف امرأة معينة باقية على قيد الحياة لأن ذلك يهيج الشهوة إليها ويبعث على الإفتنان بها . فإن كانت قد ماتت فإن وصفها لا يضر لليأس من لقائها ومثلها فى ذلك الغلام الأمرد.
وأما التغنى المشتملة على الحكم والمواعظ والمشتملة على وصف الأزهار والرياحين والخضر والألوان والماء ونحو ذلك أو مشتملة على وصف جمال إنسان غير معين إذا لم يترتب عليه فتنة محرمة فإنه مباح لا ضرر فيه .
-         الشافعية – قال الإمام الغزالى فى الإحياء: النصوص تدل على إباحة الغناء والرقص والضرب الدف واللعب بالدرق والحراب والنظر إلى رقص الحبشة والزنوج فى أوقات السرور قياسا على يوم العيد فإنه وقت سرور.
وفي "إقامة الدليل" للشيخ أحمد صديق الغمارى، ص 5، ما نصه:
" لا يشك عاقل ولا يمتري فاضل فى ان التمثيل مناف للمروءة والعقل, منابذ للأخلاق والفضيلة, لا يرضاه ذونفس شريفة ولا همة أبية فضلا عن ذي دين ومروءة , بل لا يرضاه لنفسه إلادنس الاصل, وضيع النفس , ساقط المروءة , فاقد الشعور والكرامة , سخيف العقل قليل الدين او ذاهبه بالكلية كماهو المشاهد من الممثلين, فإنا لانرى في دور التمثيل ذ ا أهل وكرامة ودين ومروءة كما نعلم علم يقين أن هذا الشيخ الذي افتى بإباحته لا تسمح نفسه ولاتساعد كرامته ان يقف يوما ماموقف الممثل , ولو داخل المعهد وامام الطلبة والعلماء لاامام العامة واخلاط الناس واوباشهم , ويكون موضوع الرواية تعليم الفرائض والسنن الذى هو من قبيل الواجبات لا حكاية الناس والإستهزاء بهم والسخرية منهم كماهو موضوع سائر الروايات, وإنما نرى فى دور التمثيل أولئك السقطاء الذين تسمح لهم نفوسهم الوضيعة بوقوف تلك المواقف الشائنة المخزية وتساعدهم عقليتهم السخيفة ان ينصبوا نفسهم ضحكة للضاحكين وهزأة للساخرين, بائعين بذلك العرض والشرف والكرامة والأخلاق والدين والمروءة والفضيلة, ضاربين بالجميع عرض الحائط, نابذين الكل نبذالنواة, فلولم يكن الاهذا لكان أعظم زاجر لذالك المفتى عن القول بإباحة هذا المنكر المتفق عليه من ذوي العقول, فكيف وأصول الشريعة ناطقة بتحريمه لاشتماله على أعظم المفاسد واكبر المحرمات؟!".
وفى إسعاد الرفيق جزء 2 صحيفة 67 ما نصه:
من أقبح المحرمات وأشد المحظورات إختلاط الرجال بالنساء فى المجموعات لما على ذلك من المفاسد والفتن القبيحة . قال سيدنا الحداد فى بعض مكاتباته لبعض الأمراء:" وما ذكرتم من اجتماع النساء متزينات بمحل قريب من محل رجال يجتمعون فيه منسوب لسيدنا عمر المحضار ، فإن خيف فتنة بنحو سماع صوت فهو من المنكرات التى يجب النهي عنها على ولاة الأمر ويحسن من غيرهم إذا خاف على نفسه إن لايحضرهم .
              

VI. WANITA KARIR & KONSEKWENSINYA


Diskripsi masalah:
Dewasa ini muncul gerakan-gerakan feminisme yang menuntut pengakuan supaya keberadaan wanita sama seperti laki-laki, terutama dalam urusan kerja  (karir) , sehingga istilah wanita karir-pun sering kita dengar. Namun ironisnya, hal tersebut mendapat restu dari sang suami. Tak jarang akibat profesinya, waktu si isteri untuk melayani sang suami jadi berkurang. Bahkan, kadang - kadang dengan alasan capek si isteri berani menolak ajakan sang suami untuk berhubungan badan.
Pertanyaan:
a.      bagaimana hukum seorang suami memberi izin kepada isteri untuk berkarir ?
b.      Bagaimanakah pandangan fiqh atas tindakan si isteri di atas, apakah termasuk kategori Nusyuz, sehubungan dengan adanya izin dari sang suami – terhadap karir si isteri - ?

(as'ilah di kirim oleh Maria Ulfa
PP Roudlotul Muta’allimat Kajeksan Kudus)

 

jawaban a:

Boleh dengan catatan Profesinya tidak di haramkan dan atau tidak menimbulkan maksiyat sebagaimana ikhtilath (percampuran antara laki-laki-perempuan), kholwah (berduaan dengan lawan jenis yang bukan mahrom) dan lain sebagainya.

 

Ibarat a:

وفى المرأة للدكتور سعيد رمضان البوطى صحيفة 63:
أولا: حرية العمل: إن الأعمال المشروعة التى أباحها الإسلام للرجال هي ذاتها التى أباحها للنساء . والأعمال الشائنة التى حرمها الله على الرجال هي ذاتها التى حرمها على النساء . غير أن الله ألزم الرجال بآداب سلوكية واجتماعية فاقتضى ذالك أن تكون أعمالهم التى يمارسونها خاضعة لتلك الضوابط والآداب . وألزم النساء أيضا بآداب سلوكية واجتماعية ، فكان عليهن أن لا يخرجن في أعمالهن التي تمارسنها على شيء من تلك الأحكام والآداب .
وعلى سبيل المثال ، فإن الله فرض على المرأة التقيد بمظاهر الحشمة ، وحرم عليها الخلوة بالرجال الأجانب كما حرم عليهم ذلك ، فلا يجوز لها ان تمارس من الأعمال ماقد تضطرها إلى الخلوة المحرمة أو إلى التخلي عن حضمتها المطلوبة .. كما أنه لا يجوز للرجل أن يباشر من الوظائف أو الأعمال ماقد يزجه في خلوة محرمة أو يعرضه للفتنة من جراء اختلاطه بنساء غير ملتزمات بضوابط الحشمة المطلوبة .
فإذا انتفى هذا المحذور ، الذي هو محذور في حق كل من الرجل والمرأة كما قد رأيت ، فللمرأة أن تمارس أي وظيفة من الوظائف المشروعة بحد ذاتها ، كما ان له أن تباشر أي عمل من الأعمال المباحة في أصلها ، سواء كانت صناعة أو زراعة أو تجارة أو غير ذلك . –إلى أن قال‑ وانطلاقا من هذا الواقع ، فإذا لم تتمكن الزوجة الأم ، من الجمع بين النهوض بمهام الأسرة ، والأنشطة الثقافية والاجتماعية الأخرى ، فإن عليها - فيما يقضي به اتباع سلم الأولويات – أن توفر وقتها للنهوض بالضروري الذي هو السهر على رعاية الأسرة ، وإن اقتضى ذلك التضحية بوظائف وأعمال أخرى .
وفى الفقه الإسلامى جزء 7 فى باب النكاح ما نصه:
إذا عملت الزوجة نهارا أو ليلا خارج المنزل كالطبيبة والمعلمة والمحامية والممرضة والصانعة فالمقرر فى القانون المصرى - إلى أن قال – أنه إن رضى الزوج بخروجها ولم يمنعها من العمل وجبت لها النفقة لأن احتباس الزوجة حق للزوج فله أن يتناول عنه وإن لم يرض بعملها ونهاها عن العمل فخرجت من أجله سقطتها فى النفقة لأن الإحتباس فى هذه الحالة ناقص غير كامل ، فلو سلمت المرأة نفسها بالليل دون النهار – إلى أن قال – فلانفقة لنقص التسليم .
وقواعد الشافعية تأتى مثل هذا الشرط لأن المذهب الجديد أن النفقة الزوجية تجب بالتمكين التام كالفقد – إلى أن قال – أونهى لو مكنت من الوطء ومنعت بقية الإستمتاعات كان ذلك نشوزا.
وفى إسعاد الرفيق تأليف الشيخ محمد سالم بن سعيد با بصيل جزء 2 صحيفة 127 ما نصه:
(و) منها (الإعانة على المعصية) أى على معصية من معاصى الله بقول أو فعل أو غيره ثم إن كانت المعصية كبيرة كانت الإعانة عليها كذلك كما فى الزواجر .
Jawaban b:
Penolakan isteri dengan alasan di atas termasuk kategori nusyuz (sebuah status yang memberikan implikasi gugurnya kewajiban nafkah), kecuali bila ada bahaya (dlarar) yang menimpa diri istri jika harus memaksakan diri untuk melayani suami (berhubungan badan).

Ibarat:
وفى إعانة الطالبين جزء 4 صحيفة 79 ما نصه:
ويحصل النشوز بمنع الزوجة الزوج من تمتع ولو بنحو لمس أو بموضع عينه لاإن منعته لعذر ككبر آلته بحيث لاتحتمله ومرض بها يضر معه الوطء وقرح فى فرجها وكنحو حيض (قوله ومرض إلخ) أى وكمرض قائم مع وجود الوطء .
وفى الشروانى جزء7 صحيفة 441 ما نصه:
(قوله من التمتع بها) أى ولو بنحو قبلة وإن مكنته من الجماع حيث لاعذر فى امتناعها منه فإن عذرت كأن به صنان مثلا مستحكم وتأذى تأذيا لايحتمل عادة لم تعد ناشزة وتصدق فى ذلك إن لم يدل قرينة قوية على كذبها .

VII. SEDEKAH via JUAL BELI


Diskripsi masalah:
Banyak kiat yang di lakukan perusahaan untuk menawarkan produknya, diantaranya dengan janji untuk memberikan hadiah. Bahkan baru-baru ini ada perusahaan yang menemukan cara yang cukup efektif untuk menarik para konsumen, yaitu dengan membuat iklan maupun tulisan di label barang. Bahwa dengan membeli produk tersebut berarti para konsumen telah menyisihkan uang sebesar Rp 200,- untuk para fakir miskin.
Pertanyaan:
Dalam perspektif fiqh, apakah dengan membeli produk tersebut para konsumen sudah di kategorikan orang yang bershodaqoh ?
 (as’ilah dari moh. As’ad asal sedan)

Jawaban :
Dapat di kategorikan shodaqoh, jika pembeliannya diatas harga umum serta ada niat dari pembeli untuk mencari pahala bershodaqoh. Dan bila barang tersebut dijual dengan harga standar umum, maka tidak mendapat pahala sedekah tapi hanya merupakan bentuk bantuan (ta’awun ala al birr) yang juga dianjurkan agama.

Ibarat:
وفى الأشباه والنظائر، ص 12، ما نصه:
ودفع المال للغير، قد يكون هبة أو وصلة لغرض دنيوى، وقد يكون قربة كالزكاة، والصدقة، والكفارة: والذبح قد يكون بقصد الأكل، وقد يكون للتقرب باراقة الدماء، فشرعت النية لتمييز القرب من غيرها.
وفى فتح الوهاب جزء 1 صحيفة 260 ما نصه:
(فإن ملك لاحتياج أو لثواب آخرة) هو أولى من قوله محتاجا لثواب الأخرة (فصدقة) .
وفى موعظة المؤمنين صحيفة 167 ما نصه:
(وتعاونوا على البر والتقوى ولاتعاونوا على الإثم والعدوان). وهو أمر جزم ومعنى التعاون الحث عليه وتسهيل طرق الخير وسد سبيل الشر والعدوان بحسب الإمكان .
وفى إعانة الطالبين جزء 3 صحيفة 238 ما نصه:
وجعل بعضهم من الصدقة الخفية: أن يبيع مثلا ما يساوى درهمين بدرهم - إلى أن قال – تنبيه ليس المراد بالسر ما قابل الجهر فقط بل المراد أن لايعلم غيره بأن هذا المدفوع صدقة حتى لو دفع شخص دينارا مثلا وأفهم من حضره أنه عن قرض عليه أو عن ثمن مبيع مثلا كان من قبيل دفع الصدقة السرية .

 

VIII. PERMASALAHAN COMBE


Diskripsi masalah:
Dalam referensi hadits di kenal beberapa jenis mu’amalah jual beli yang karena caranya menjadi terlarang. Misalnya bai’ al najsy, talaqqi al rukban, dll.
Pertanyaan:
Pada acara lelang barang berharga lazim di munculkan penawar pertama dengan harga tertentu guna memancing penawar baru. Penawar pertama sebenarnya sebatas combe belaka. Rekayasa memasarkan barang dengan menempuh cara-cara sejenis itu apakah tidak tergolong “bai’ al najsy” ?
(Pertanyaan di kirim oleh muhtaris mahe asal lasem)
Jawaban :
Tidak termasuk bai’ al najsy kecuali combe (penawar pertama tersebut) menggunakan harga standar atau lebih.

Ibarat:
وفى حاشية الشرقاوى على التحرير، ج 2 ص 11 ما نصه:
 (قوله بل ليغر غيره) –إلى أن قال‑ وأما فتح باب السلعة فجائز للعارف بالقيم ولا بد أن لا يفتح بثمن هو قيمتها من أول الأمر وإلا حرم عليه لأنه يزاد فيها على ما فتح به فيضر المشترى أما غير العارف بالقيم فيحرم عليه الفتح.
وفى إعانة الطالبين، ج 3 ص 26 ما نصه:
(قوله ونجش) للنهى عنه رواه الشيخان (بأن يزيد فى ثمن) للسلعة المعروضة للبيع لا للرغبة فى شرائها بل (ليغر) غيره فيشتريها ولو كان التغرير بالزيادة ليساوي الثمن القيمة والمعنى فى تحريمه الإيذاء.
(قوله بل يخدع غيره) مثال لا قيد لأنه لو زاد لنفع البائع ولم يقصد خديعة غيره كان الحكم كذلك انتهى نهاية.

IX. PELATIHAN MILITER
Diskripsi masalah:

Tentara adalah salah satu alat negara yang paling bertanggung jawab terhadap keutuhan bangsa. Dengan mengingat begitu besarnya tugas, tentara di bekali berbagai macam pelatihan untuk mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu terjadi perang. Salah satu bentuk latihan adalah dengan memakan hewan yang berbisa, agar ketika terjadi perang dan kebetulan di hutan serta kehabisan perbekalan, tentara bisa memakan hewan yang beracun, semisal ular dsb tanpa ada resiko kematian pada dirinya karena sudah terbiasa atau kebal .


Pertanyaan:
a.      Bagaimana hukum latihan tersebut ?
b.      Jika tidak boleh, adakah solusi agar tentara dapat memanfaatkan rukhshoh dari Syara’ ?
(as’ilah dari abdul mujib asal tuban)

Jawaban a:
Tidak boleh, karena masih dalam keadaan ikhtiyar (belum ketingkat dlorurat).
 Ibarat:
وفى الأشباه والنظائر صحيفة 83 ما نصه:
أصلها قوله صلى الله عليه وسلم: لا ضرر ولا ضرار.
أخرجه مالك فى الموطأ عن عمرو بن يحيى عن أبيه مرسلا وأخرجه الحاكم فى المستدرك والبيهقى والدار قطنى عن حديث أبى سعيد الخدرى وأخرجه ابن ماجه من حديث ابن عباس وعبادة بن صامت.
Jawaban b:
Tidak ada solusi bila kasusnya seperti yang ada dalam pertanyaan, kecuali pindah pada madzhabnya IMAM MALIK yang memperbolehkan memakan hasyarat (serangga), termasuk ular. Dengan syarat sudah terbiasa (tidak bahaya) dan harus disembelih.
Ibarat:
وفى الأشباه والنظائر صحيفة 85 ما نصه:
فالضرورة: بلوغه حدا إن لم يتناوله الممنوع هلك أو قارب . وهذا يبيح تناول الحرام.
وفى الفقه على المذاهب الأربعة جزء 2 صحيفة 3 ما  نصه:
المالكية : لانزاع عندهم فى تحريم كل ما يضر فلا يجوز أكل الحشرات الضارة قولا واحدا . أما إذا اعتاد قوم أكلها ولم تضرهم وقبلتها أنفسهم فالمشهور عندها لا تحرم . فإذا أمكن مثلا تذكية الثعبان مثلا بقطع جزء من عند رأسه ومثله من عند ذنبه بحالة لا يبقى معها سم  وقبلت النفس أكله بدون أن يلحقه ضرر حل أكله ومثله سائر الحشرات .

X. PENJUALAN KAYU KUBURAN UNTUK PERBAIKAN JALAN

Diskripsi masalah:
Di sebuah lokasi, terdapat beberapa pemakaman umum yang banyak di tumbuhi pepohonan besar. Jalan menuju pemakaman tadi sering mengalami kerusakan, lebih-lebih di musim penghujan. Sehingga para peziarah merasa enggan untuk berkunjung ke pemakaman tadi. Kemudian atas berbagai pertimbangan, warga setempat sepakat untuk menjual pepohonan tersebut yang kemudian hasil penjualannya di alokasikan untuk perbaikan jalan.
(as’ilah dikirim oleh sdr Adib Abidin mh asal tangerang)
Pertanyaan:
Bagaimana pandangan fiqh atas tindakan warga setempat ?
Jawaban:
Boleh, bila kebijakan yang di ambil oleh warga setempat di ambil sebagai langkah yang terbaik (mashlahah) serta mendapatkan persetujuan dari pihak yang berwenang (qodli, nadzir).

Ibarat:

وفى إعانة الطالبين جزء 3 صحيفة  183ما نصه:
(وسئل) الطنبدوى فى شجرة نبتت بمقبرة مسبلة ولم يكن لها ثمر ينتفع به إلا أن بها أخشابا كثيرة تصلح للبناء ولم يكن لها ناظر خاص فهل للناظر العام – أى القاضى – بيعها وقطعها وصرف قيمتها إلى مصالح المسلمين ؟
(فأجاب) نعم: للقاضى فى المقبرة العامة المسبلة بيعها وصرف ثمنها فى مصالح المسلمين كثمر الشجرة التى لها ثمر فإن صرفها فى مصالح المقبرة أولى .
وفى إعانة الطالبين جزء 3 صحيفة 216ما نصه:
 (فرع) ثمر الشجر النابت بالمقبرة المباحة مباح وصرفه لمصالحها أولى (وقوله أولى) أي من تبقيته للناس.

 

XI. PRODUK BER-ALKOHOL

Diskripsi masalah:
Alkohol (cairan tidak berwarna yang mudah menguap, mudah terbakar, di pakai dalam industri dan pengobatan, merupakan unsur ramuan yang memabukkan dalam kebanyakan miras ; C2H5OH; etanol), merupakan suatu zat kimia yang tak asing lagi bagi kita, karena zat ini banyak kita jumpai di berbagai jenis makanan dan minuman, semisal topi miring (sejenis minuman keras), Coca Cola, bahkan juga terdapat di dalam berbagai jenis parfum dan obat-obatan.
Pertanyaan:
a.   Apakah hukum alkohol sama dengan khomr?
b.   Kalau sama, bagaimana hukum produk dan obat yang mengandung alkohol ?
c.    Sebatas mana seseorang di perbolehkan menggunakan alkohol?
(Asilah dari M. Nasih aktivis musy. F. Mu’in
asal Sidoarjo)
jawaban a:
Tentang masalah ini, terdapat dua pendapat dikalangan ulma’ :
Kalau mengikuti pendapat mayoritas ulama’, maka alkohol tersebut hukumnya sama dengan khomr (haram, baik sedikit maupun banyak). Dan menurut sebagian ulama’ yang lain mengatakan tidak sama, namun tetap diharamkan pada kadar yang memabukkan.

Ibarat:
وفى رد الفضول فى مسألة الخمر والكحول ما نصه:
فى تعريف الكحول الذى يسمونه روح العرق والعرق يسمونه روح الخمر ثم ترافت الصناعة فيه فصاروا يخرجونه من كل ما يقبل التخمر بذاته أو بالتخمير بالماء إهـ .
وفى إعانة الطالبين جزء 4 صحيفة 175 ما نصه:
وحقيقتها عند أكثر أصحابنا المسكر من عصير العنب وإن لم يقذف بالزبد فتحريم غيرها قياسى أى بفرض عدم ورود ما يأتى وإلا فسيعلم منه أن تحريم الكل منصوص عليه ، وعند أقلهم كل مسكر ولكن لايكفر مستحل المسكر من عصير غير العنب من خلافه من حيث الجنس لحل قليله على قول جماعة.
وفى التفسير المنير للدكتور وهبة الزحيلى جزء 2 صحيفة 273 ما نصه:
وذهب الجمهور (غير أبى حنيفة) وأهل حجاز والمحدثون إلى أنها الشراب المسكر من عصير العنب وغيره فكل مسكر من عصير التمر والشعير والبر خمر وإذا كانت الخمر إسما لكل ما أسكر كان تحريم جميع المسكرات قليلها وكثيرها بنص القرآن.
وفى الفقه الإسلامى للدكتور وهبة الزحيلى، ج 9 ص 663 ما نصه:
لما كان الكحول مادة مسكرة فيحرم تناولها.

Jawaban b:
Boleh mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung alkohol dengan catatan :
- Ada kebutuhan (hajat).
- Larut dalam obat (istihlak)
- Kadarnya hanya sedikit, sebagai bahan pengawet atau unsur untuk melarutkan.
Adapun penggunaan pada produk selain obat obatan maka tidak boleh.
Ibarat:
وفى حاشية الشرقاوى على التحرير جزء 2 صحيفة 228 ما نصه :
وأما لو استهلكت الخمر فى الدواء بأن لم يبق لها وصف فلايحرم استعمالها كصرف باقى النجاسات هذا إن عرف أو أخبره طبيب عدل بنفعها .
وفى الفقه الإسلامى للدكتور وهبة الزحيلى، ج 9 ص 663 ما نصه:
فإنه لامانع شرعا من تناول الأدوية التى تصنع حاليا ويدخل فى تركيبها نسبة ضئيلة من الكحول لغرض الحفظ أو إذابة بعض المواد الدوائية التى لا تذوب فى الماء على ألا يستعمل الكحول فيها كمهدئ وهذا حيث لا يتوافر بديل عن تلك الأدوية
وفى يسألونك للدكتور أحمد الشرباصى، ج 4 ص 229، مانصه:
والمعروف أن شراب (البيرة) الذي يباع في كثير من بلادنا يحوي نسبة من الكحول –وهي المادة المسكرة‑ قد تكون حوالي عشرة في المائة، وقد تعلو إلى خمسة عشر في المائة، وما دامت هذه النسبة موجودة ، فإن شراب (البيرة) حينئذ يكون من المواد المسكرة ، وحينئذ يكون شربه حراما.–إلى أن قال‑ وقد يقول قائل إن النصوص المحرمة للخمر لم تذكر شيئا اسمه (البيرة)، وهذا نوع من التضليل وبليلة العقول، لأنه ورد في السنة النبوية المطهرة أنه يأتي على الناس زمان يسمون فيه الخمر بغير أسمائها، وكل نوع من المواد المسكرة مهما كان لونه أو شكله أو اسمه فهو حرام، لأن القاعدة الشرعية هي: كل مسكر خمر وكل خمر حرام.
Jawaban c:
Sebatas seperti keterangan pada jawaban  B.

XII. PENEMUAN BARANG ANTIK

Diskripsi masalah:
Khodijah adalah salah seorang penduduk di sebuah desa terpencil menemukan barang antik berupa tusuk konde emas, guci perak, trisula, yang berasal dari peninggalan kerajaan zaman dahulu. Di samping itu dia juga mendapat benda wasiat dari ayahnya yang berupa keris. Konon keris ini mempunyai harga yang sangat tinggi andaikan di jual. Menurut warta yang kami terima, sudah menjadi peraturan permerintah, setiap orang yang menemukan barang antik akan di sita dan menjadi milik negara.
Pertanyaan:
a.      Termasuk benda apakah benda temuan dan benda wasiat di atas ?
b.      Apakah benda-benda di atas termasuk harta yang wajib di keluarkan zakatnya dan berapa yang harus di keluarkan ?
c.       Apakah tindakan pemerintah melakukan penyitaan terhadap barang-barang antik yang di temukan penduduk dapat di benarkan menurut Syara’?
(as’ilah dari moh. Rofi’ asal demak)

Jawaban a:
Tafsil barang temuan sbb:
1.      Termasuk rikaz, jika diketahui bahwa benda tersebut peninggalan jahiliyyah (orang yang belum menerima dakwah Islam) dan ditemukan dalam keadaan terpendam .
2.      Termasuk fai’, jika diketahui benda tersebut peninggalan orang yang telah menerima dakwah akan tetapi ‘inad (durhaka, tidak mau menerima Islam).
3.      Termasuk luqothoh, jika tidak di ketahui pemiliknya (tidak ada tanda-tanda islamiy atau jahiliy) atau ditemukan tidak dalam keadaan terpendam.
Adapun benda wasiat tersebut termasuk Musho bih (benda wasiat), jika kuasa kepemilikan tersebut ditangguhkan setelah kematian sang ayah.

Dan jika tanpa penangguhan, maka termasuk Mauhub (pemberian).

Ibarat:
وفى الإقناع جزء 1 صحيفة 225 ما نصه:
والمراد بالجاهلية ما قبل الإسلام أى قبل مبعث النبى صلى الله عليه وسلم كما صرح به أبو على سموا بذلك لكثرة جهالتهم ويعتبر فى كون المدفون الجاهلى ركازا أن لا يعلم أن مالكه بلغته الدعوة فإن علم أنها بلغته الدعوة وعاند ووجد فى بنائه أو بلده التى أنشأها كنز فليس بركاز بل هو فىء كما حكاه فى المجموع عن جماعة وأقره وأن يكون مدفونا فإن وجده ظاهرا فإن علم أن السيل أظهره فركاز أو أنه كان ظاهرا فلقطة وإن شك كما لو شك فى أنه ضرب الجاهلية أو ألإسلامى وسيأتى فإن وجد دفين إسلامي كأن يكون عليه شيء من القرأن أو إسم ملك من ملوك الإسلام فإن علم مالكه فله فيجب رده على مالكه لأن مال المسلمين لا يملك بالإستعلاء عليه فإن لم يعلم مالكه فلقطة وكذا إن لم يعلم من أي الضربين الجاهلى أو الإسلامي هي؟ بأن كان مما لا أثر عليه كالتبر وإنما يملك الركاز الواجد له ويلزمه زكاته إذا وجده فى الموات أو فى ملك أحياه فإن وجده فى شارع أو مسجد فلقطة.
وفى هامش التوشيح على ابن قاسم صحيفة 183 ما نصه:
والوصية شرعا تبرع بحق مضاف لما بعد الموت.
وفى هامش التوشيح على ابن قاسم صحيفة 176 ما نصه:
وهى اى الهبة تمليك منجز مطلق فى عين حال الحياة بلا عوض ولو من الأعلى.

Jawaban b:
Wajib zakat jika termasuk harta rikaz yang terbuat dari emas atau perak. Wajib dikeluarkan seketika (tidak menunggu 1 tahun kemudian) sebanyak 1/5-nya (20%) jika sudah sampai 1 nishob emas-perak.
Adapun keris wasiat tersebut juga wajib dizakati jika bahannya emas atau perak yang sudah mencapai 1 nishob. Dan dikeluarkan setelah haul (satu tahun kemudian),sebanyak 1/40-nya (2,5%) sebagaimana zakat emas-perak.

Dibawah ini beberapa versi ulama’ tentang bobot dinar-dirham dalam satuan gram (gr)
No
Bobot dinar
Bobot Dirham
Menurut Ulama’:
1
4,24   gr
2,97  gr
Najmuddin Al Kurdi dalam kitab    المقادير dan  تنوير القلوب
2
4,25   gr
2,975  gr
Ali basya Mubarok, Wahbah Zuhaeli dan Ibnu Abdil Barr
3
4,265 gr
2,9855  gr
Sayyid Nashir An Naqsabandie
4
3,879 gr
2,715   gr
Imam Tsalatsah           (Versi Fatchul Qodir)
5
5,388 gr
3,77   gr
Hanafiyyah                  (Versi Fatchul Qodir)

Nishob emas-perak dengan acuan beberapa versi dinar diatas :

4,24gr
4,25 gr
3,879 gr
5,388 gr
Nishob Zakat Emas
84,8 gr (e)
85 gr (e)
77,58 gr (e)
107,76 gr (e)
Nishob Zakat Perak
594 gr (p)
5.995 (p)
543 gr (p)
754 gr(p)
Catatan :
Penghitungan emas di atas, adalah dengan menggunakan emas murni (24 karat). Sedang untuk emas yang tidak murni, kita cari dulu prosentase emasnya baru dikalikan berat emas campuran tersebut maka hasilnya itu yang masuk dalam penghitungan.
Contoh: Untuk mencari kadar emas dalam 90 gr emas 18 karat:
18/24% x 90 gr = 67,5 gr emas murni. Jadi emas yang terhitung = 67,5 gr.
*Untuk lebih jelasnya, lihat teras pesantren Edisi I/Tahun I/1423 H.

Ibarat:
وفى فقه الزكاة، ج 1 ص 434-435 ما نصه:
الجمهور على أن الركاز يشمل كل ما ركز ودفن فى الأرض وخصه الشافعى فى الذهب والفضة والأول هو الموافق لعموم الأحاديث ‑إلى أن قال‑ وظاهر الحديث عدم اعتبار النصاب وإن الخمس فيما وجد من كنوز الجاهلية قليلا أو كثيرا وإليه ذهب مالك وأبو حنيفة وأصابه وأحمد وإسحاق والشافعي فى القديم –إلى أن قال‑ وقال الشافعى فى الجديد يعتبر فيه النصاب لأنه حق مالى فى ما استخرج من الأرض فاعتبر فيه النصاب كالمعدن والزرع .
وفى فقه الزكاة، ج 1 ص 282-283 ما نصه:
والذى لا خلاف فيه بين علماء الإسلام إن ما حرم استعماله واتخاذه من الذهب والفضة تجب فيه الزكاة ومن ذلك الأوانى التى جاء الحديث الصحيح بتحريمها والوعيظ على من استعملها لما فيها من مظاهر الترف والسرف ولأنها تعد حينئذ نقودا مكنوزة وثروة معطلة بدون حاجة ويستوى فى هذه الحال ما استعمل منها للطعام والشرب وما اتخذ زينة وتحفة فكلاهما من الترف المذموم – إلى أن قال – قال شيخ الإسلام ابن قدامة: إذا ثبت هذا  فإن فيها الزكاة بغير خلاف بين أهل العلم ولا زكاة فيها حتى يبلغ نصابا بالوزن أو يكون عنده ما يبلغ نصابا بضمها إليه.
وفى فقه الزكاة، ج 1 ص 311 ما نصه:
وإن كان معدا للإنتفاع والإستعمال الشخصى نظرنا فى نوع هذا الإستعمال فإن كان محرما كأوانى الذهب والفضة والتحف والتماثيل وما يتخذه الرجل لنفسه من سوار أو طوق أو خاتم ذهب أو نحو ذلك وجبت فيه الزكاة لأنه عدل به عن أصله بفعل غير مباح فسقط حكم فعله وبقى على حكم الأصل.
Jawaban C :
Boleh jika ada mashlahat seperti untukdipajang di moseum negara, serta harus ada ganti-rugi yang sesuai.
Ibarat :
وفى الفقه الإسلامى للدكتور وهبة الزحيلى، ج 5 ، ص 519 ما نصه:
وكذلك يحق للدولة التدخل فى الملكيات الخاصة المشروعة لتحقيق العدل والمصلحة العامة سواء فى أصل حق الملكية أو فى منع المباح وتملك المباحات قبل الإسلام وبعده إذا أدى استعماله إلى ضررعام كما يتضح من مساوئ الملكية الإقطائية .
وفى المدخل فى فقه العام الجزء الأول ص 248  ما نصه :
والصورة الثانية هي الإستملاك لأجل المصالح العامة فقد أجاز الشرع الإسلام إستملاك الأرض المجاورة للمسجد جبرا على أصحابها إذا امتنعوا عن بيعها وضاق المسجد بأهله واحتاج إليها كما أجازوا مثل ذلك لأجل توسع الطريق إذا دعت حاجة الناس الى توسعه وذلك بالقيمة التى يساويها العقار المستملك حتى لقد نص الفقهاء على أنه يجوز ان يأخذ لتوسيع الطريق جانب من المسجد عند الحاجة.
وفى الفتاوى الإسلامية من دار الإفتاء المصرية، المجلد 10 ص 3456، مانصه:
إقامة المتاحف ضرورة:
لما كان التحفظ على هذه الآثار هو الوسيلة الوحيدة لهذه الدراسة أصبح حفظها وتهيئتها للدارسين أمرا جائزا إن لم يكن من الواجبات باعتبار أن هذه الوسيلة للفحص والدرس ضرورة من الضرورات.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar