Cari Blog Ini

Senin, 13 Februari 2012

DEFINISI PENDIDIKAN

-    Menurut Philip H. Coombs (1985 20) dominant hingga tahun 1970-an. Pendidikan secara popular disamakan dengan persekolahan (schooling) yang lazim dikenal dengan pendidikan formal, yang bergerak dan tingkat pertam Sekolah Dasar hingga mencapai tingkat terakhir dan perguruan tinggi. Pendapat yang lebih luas, menurut Philip H. Coobs H. Coobs (1985 : 20). Muncul pada permulaan tahun 1970-an, dan segera diterima secara luas, yaitu bahwa pendidikan dalam arti luas disamakan dengan belajar, tanpa memperhatikan dimana atau pada usia berapa belajar terjadi. Pendidikan sebagai proses sepanjang hayat (life long process), dan seseorang dilahirkan sebagai akhir hidupnya.
-    Menurut George F. Kneller (ed) dalam bukunya yang berjudul : Foundations of Education (1967 : 63), pendidikan dapat dipandang dalam arti luas dan dalam arti teknis, atau dalam arti hasil dan dalam arti proses. Dalam artinya yang luas pendidikan menunjuk pada suatu tindakan atau pengalaman yang mempunyai pengaruh yang berhubungan dengan pertumbuhan atau perkembangan jiwa (mind), watak (character), atau kemampuan fisik (physical ability) individu. Pendiidkan dalam artian ini berlangsung terus (seumur Hidup).
-    Menurut John Dewey dalam bukunya Democracy and education (1950 : 89-90), pendidikan adalah rekonstruksi atau reorganisasi pengalaman yang menambah makna pengalaman, dan yang menambah kemampuan untuk mengarahkan pengalaman selanjutnya.

-    Menurut John S. Brubacher dalam bukunya Modern Philosophies of education (1977 :371) dinyatakan bahwa pendidikan proses dalam mana potensi-potensi, kemampuan-kemampuan, kapasitas-kapasitas manusia yang mudah dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan, disempurnakan dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik, dengan alat (media) yang disusun sedemikian rupa, dan digunakan oleh manusia untuk menolong  orang lain atau dirinya sendiri dalam mencapai tujuan-tujuan yang ditetapkan.
-    Menurut G. Terry Page, J.B. Thomas dan AR. Masdhall dalam international Dictinary of education (1980 : 112), pendidikan adalah proses pengembangan kemampuan dan perilaku manusia secara keseluruhan.
-    Menurut Carter V. Good dalam Dictionary of Education (1945 : 145) pendidikan adalah : (1) keseluruhan proses dimana seseorang mengembangkan kemampuan, sikap, dan bentuk-bentuk tingkah laku lainnya yang bernilai positif dalam masyarakat dimana dia hidup; (2) proses social dimana orang dihadapkan pada pengaruh liungkungan yang terpilih dan terkontrol (khusus yang darang dan sekolah, sehingga dia dapat memperoleh atau mengalami perkembangan sosial dan kemampuan individu yang optimal.
o    Prof Rickey dalam buku “planning  for Teaching an Introduction to Education” menjelaskan hakikat pendidikan adalah suatu proses yang lebih luas daripada proses yang berlangsung di dalam sekolah saja. Pendidikan adalah suatu aktivitas sosial yang esensial yang memungkinkan masyarakat yang kompleks, modern, fungsi pendidikan ini mengalami proses spesialisasi dan lembaga dengan pendidikan formal, yang tetap berhubungan dengan proses pendidikan informasi di luar sekolah.
o    Brubacher dalam bukunya “ modern, philosophies, education” dinyatakan sebagai berikut pendidikan adalah proses timbale-balik dari tiap pribadi manusia dalam penyesuaian dirinya dengan alam, dengan teman dan dengan alam semesta
o    Menurut Langeveld, Pendidikan adalah setiap usaha, pengaruh, perlindungan dan bantuan  yang diberikan kepada arah tertuju kepada pendewasaan anak itu atau membantu agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri. Pengaruh itu datangnya dari orang dewasa (atau yang diciptakan oleh orang dewasa seperti sekolah, buku, putaran hidup sehari-hari, dan sebagainya) dan ditujukan kepada orang-orang yang belum dewasa.
o    John Dewey memandang pendidikan sebagai proses pembentukan kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional sesama manusia.
o    Menurut J.J. Rousseau pendidikan memberi kita perbekalan yang tidak ada pada masa anak-anak, kana tetapi kita membutuhkannya pada waktu dewasa
o    Menurut Prof. M.J. Langeveld, Pedagogi atau ilmu mendidik adalah suatu ilmu yang bukan saja menelaah objeknya untuk mengetahui betapa keadaan atau hakiki objek itu, melainkan mempelajari pula betapa hendaknya bertindak.
o    Godfrey Thompson menyatakan bahwa pendidikan adalah pengaruh lingkungan atas individu untuk menghasilkan perubahan-perubahan yang tetap (permanent) di dalam kebiasaan tingkah lakuknya, pikiran dan sikapnya.

- According to Philip H. Coombs (1985 20) predominate until the 1970's. Popular education is equated with schooling (schooling) is commonly known as formal education, moving and mining levels up to elementary school and college level last. Broader opinion, by Philip H. Coobs H. Coobs (1985: 20). Appeared in the early 1970's, and soon widely accepted, namely that education in its broadest sense is equated with learning, regardless of where or at what age learning to occur. Education as a lifelong process (life long process), and a person is born as the end of his life.
- According to George F. Kneller (ed) in his book: Foundations of Education (1967: 63), education can be viewed in a broad sense and in a technical sense, or in terms of outcomes and in terms of process. In the broad meaning of education refers to any act or experience that has the effect associated with the growth or development of the soul (mind), character (character), or physical ability (physical ability) individuals. Pendiidkan in the sense that it goes on (whole life).
- According to John Dewey in his book Democracy and education (1950: 89-90), education is a reconstruction or reorganization of experience which adds to the meaning of experience, and which adds the ability to direct the next experience.
- According to John S. Brubacher in his book Modern Philosophies of education (1977: 371) stated that the educational process in which the potentials, abilities, human capacities are easily influenced by habits, enhanced by good habits, the tools (media ) are arranged in such a way, and used by humans to help others or themselves in achieving the objectives set.
- According to G. Terry Page, J.B. Thomas and AR. Masdhall in international Dictinary of education (1980: 112), education is the process of capacity building and human behavior as a whole.
- According to Carter V. Good in the Dictionary of Education (1945: 145) study were: (1) the overall process by which a person develops abilities, attitudes, and other forms of other behavior that is positive in the community where he lives, (2) social process in which people are exposed to liungkungan influence the choice and control (darang and special schools, so that he can obtain, or experience of social development and abilities of optimal individuals.
o Prof. Rickey in the book "planning for Teaching an Introduction to Education" describes the essence of education is a broader process than the process that goes on in school. Education is an essential social activity that allows the complex, modern, educational function is undergoing a process of specialization and institutions with formal education, which remains associated with the educational process information outside of school.
o Brubacher in his "modern, philosophies, education" is expressed as follows education is the process through a timbale of every human person in coping with nature, with friends and with the universe
o According to Langeveld, education is every business, effect, protection and assistance provided to the maturation of a child drawn to it, or helping to carry out the duties capably enough of his own life. The influence came from an adult (or created by adults such as school books, the daily round of life, and so on) and is addressed to people who are not yet mature.
o John Dewey viewed education as a fundamental skill formation process of intellectual and emotional human beings.
o According to J.J. Rousseau education gives us the supplies that do not exist in childhood, kana, but we need it at the time of adult
o According to Prof. M.J. Langeveld, pedagogy or pedagogy is a science that not only examine the object to determine how the state or the ultimate object, but also learn how much should act.
o Godfrey Thompson stated that education is the influence of environment upon the individual to make the changes permanent (permanent) in the habit of lakuknya behavior, thoughts and attitudes.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar